Tetap Di Dalam Firman

Minggu, Desember 28, 2014



Oleh : Pdt. Wahju Kurniawan

Yohanes 8:30-31
 
“Setelah Yesus mengatakan semuanya itu, banyak orang percaya kepadaNya. Maka kataNya kepada orang-orang Yahudi yang percaya kepadaNya: “Jikalau kamu tetap dalam FirmanKu, kamu benar-benar adalah muridKu…..”

Yesus menyampaikan Firman Tuhan ini kepada orang-orang Yahudi yang sudah percaya kepadaNya. Sebab masih banyak orang Yahudi yang belum percaya kepada Yesus sebagai Mesia yang sedang mereka nantikan. Disini Yesus katakana bahwa jikalau kamu tetap dalam FirmanKu. Yang ditekankan oleh Yessu disini adalah Tetap. Jadi kalau tidak tetap berarti bukan murid Yesus. Yohanes 15:6. Disni dikatakn bahwa orang yang tidak tinggal di dalam Yesus ia dibuang. Yohanes 1:1. Yesus adalah Firman itu. Kalau kita tinggal di luar Yesus maka hidup kerohanian kita sekmakin lama semakin kering. Seperti ranting yang dibuang. Kejarlah perkenan Allah. Jangan kejar berkat-berkat jasmani. Berkat jasmani itu tidak perlu kita kejar. Karena ketika hidup kita ada di dalam Firman Tuhan maka otomatis berkat jasmani itu akan datang kepada kita. 2Yohanes 1:9. Orang yang keluar dari Firman tidak memiliki Allah dalam hidupnya. Dan ini sangat berbahaya. Yohanes 10:28-30. Orang yang memiliki Yesus hidupnya akan aman. Karena ia dilindungi Oleh Allah. Kalau kita tetap ada di dalam Firman maka kita ada di dalam Bapa dan Yesus. Sehingga tidak ada sesuatupun yang bisa merebut kita dari tangan Yesus. Bilangan 23:23. “Sebab tidak ada mantra yang mempan terhadap Yakub ataupun tenungan mempan terhadap Israel. Pada waktunya akan dikatakan kepada Yakub, begitu juga kepad Israel, keajaiban yang diperbuat Allah.” Terlalu banyak bahaya yang ada disekeliling kita oleh karena itu jangan keluar dari Firman Tuhan. tetaplah tinggal di dalam Firman itu. Ayat ini dikatakan bahwa tidak ada mantera yang mampan terhadap Yakub dan Israel. Mengapa hal itu bisa terjadi? Bilangan 23:21. Tidak ditemukan kepincangan Bilangan 24:5. Mereka tidak semaunya sendiri. Mereka berkemah sesuai dengan apa yang diperintahkan oleha Tuhan. hidup mereka diatur oleh Tuhan. ketika kita hudp di dalam Firman maka sentral kita adalah hadirat Tuhan.

Kita akan melihat apa arti dari “TETAP” Tetap dalam bahasa Yunani “MENO” kata Meno ini mempunyai arti:

1.   Tinggal atau menetap. Yohanes 5:38. “Dan FirmanNya, tidak menetap di dalam dirimu sebab kamu tidak percaya kepada Dia yang diutusNya. Jangan sampai Firman Tuhan tidak menetap di dalam hidup kita karena kita tidak percaya kepadaNya. Orang yang percaya kepada Firman pasti akan taat kepada Firman itu.

2.   Terus menerus atau kontinyu. Yosua 1:7-8. Jani Tuhan kita akan berhasil dan beruntung. Asalakan kita tetap tinggal dalam Firman Tuhan. “Jadi keberhasilan dan keberuntungan tidk perlu dikejar tiu otomatis akann dihasilkan bila kita terus kontinyu hidup di dalam Firman Allah.

3.   Diam tak bergerak. 1Yohanes 2:14. Firman Tuhan sanggup memebrikan kekatan kepada kita sehingga kita mampu mengalahkan si jahat. 1Yohanes 3:24. Ketaatan kita kepada Firman Tuhan membuat Allah tinggal dalam hidup kita.

4.   Berada 1Yohanes 2:24. Seberapa banyak Firman yang tinggal dalam hidup kita. Firman Tuhan berkata dalam ayat ini bahwa ketika kita mendengar Firman Tuhan maka Firman itu tetap tinggal dalam hati kita. Yohanes 15:7. Firman Tuhan sanggup melakukan segala perkara yang besar dan tidak ada yang mustahil bagiNya.

5.   Endure. Bertahan. walaupun ada tantangan, ujian yang datang silih bergani dalam hidup kita ketika kita tetap tinggal di dalam Firman Allah maka kita akan sanggup melewati semuanya. Firman Tuhan berkata orang yang bertahan sampai akhir dialah yang selamat. Jadilah pribadi tang tetap bertahan dalam kondisi apapun.


Tetaplah tinggal dalam Firman Tuhan. jangan keluar dari padaNya. Karena di luar Firman hidup kita tidak berarti apa-apa. Jangan merasa bosan terhadap Firman Tuhan. 

TUHAN YESUS MEMBERKATI!!!

You Might Also Like

0 komentar

Postingan Populer

Like us on Facebook

Flickr Images