4 Golongan Diperistiwa Natal Menurut Matius 2:1-12

Minggu, Desember 21, 2014


Oleh : Pdt. Wahju Kurniawan
Matius 2:1-12.
 
“Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman Herodes, datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem dan bertanya-tanya: “Di manakah Dia Raja orang Yahudi yang baru lahir itu? Kami telah melihat BintangNya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia……”

Dalam ayat ini kita menemukan empat golongan orang, yaitu:

1.   Orang Majus. Golongan penyembah yang benar. Orang majus ini adalah ahli perbintangan. Bahkan ditafsirkan mereka itu sederajat dengan raja.

2.   Herodes. Golongan penyembah yang palsu. Ia berpura-pura. Sekarang kita ada diposisi yang mana? Apakah kita seperti Herodes atau kita seperti orang-orang Majus. Herodes gambaran dari AntiKristus. 1Yohanes 2:18-19. “…. Memang mereka berasal dari kita tetapi mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita; sebab jika mereka sungguh-sungguh termsuk pada kita, niscaya mereka tetap bersama-sama dengan mita. Tetapi hal itu terjadi, supaya menjadi nyata, bahwa tidak semua mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita.” Mau sungguh-sungguh atau tidak itu tergantung pada diri kita masing-masing. herodes bukan orang Yahudi. Ketika apa yang diinginkan oleh Herodes tidak terjadi maka dalam ayat 16. Herodes member perintah untk membunuh anak-anak yang berumur dua tahun kebawah.

3.   Orang Yahudi atau orang Israel. Golongan Kristen tradisi. Orang Kristen tradisi adalah orang Kristen yang tidak pernah bertumbuh secara rohani. Bagaimana pertumbuhan rohani kita. Jangan koreksi orang lain tetapi belajarlah untuk mengoreksi diri kita masing-masing. orang yang bertumbuh pasti ada perubahan dalam hidupnya. Seperti seorang bayi yang selalu bertumbuh. Bertumbuhlah di dalam pengenalan kita kepad Yesus Kristus. Sebab orang Kristen tradisi tidak akan pernah menjadi ahli waris.

4.   Para imam dan Ahli Taurat. Golongan orang yang tahu Firman Tuhan tetapi tidak mau melakukannya. Ini sedang terjadi dalam diri anak-anak Tuhan. mereka tahu tentang Firman Tuhan. tetapi untuk melakukannya mereka tidak mau. Firman Tuhan itu hanya sebatas pengetahuan. Apalah artinya kita tahu Firman Tuhan tetapi tidak melakukannya. Semuanya akan sia-sia. Yakobus 1:22-25. “tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku Firman dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri.” Jadilah pelaku Firman karena itulah yang dikehendaki oleh Allah.

Ciri-ciri penyembah yang sejati (Yohanes 4:23-24)


1.   Tidak ada halangan, rintangan, tantangan dan lain-lain, yang dapt menghalangi penyembah sejati untuk datang menyembah Yesus. Orang-orang majus diperkirakan mereka berjalan kurang lebih selama dua tahun. Dalam perjalanan tentu mereka mengahdapi banyak hal yang terjadi tetapi mereka terus berjalan karena mereka tahu bahwa pribadi yang mereka cari adalah Raja di atas segala raja. Jadi cuaca,tantangan, jarak dan sebagainya tidak menjadi satu halangan untuk mereka tidak datang menyembah Yesus. Orang yang suka menyembah ia tidak akan peduli dengan apa yang akan dia hadapi.

2.   Matius 2:2. Bertanya-tanya. Ini berbicara tentang kehausan rohani. Mereka selalu ingin tahu tentang kebenaran Firmna Tuhan. bukan hanya sekedar tahu. Ketika seseorang merasa haus dan lapar akan Firman Tuhan mereka akan dipuaskan. Matius 5:6. “berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran mereka akan dipuaskan.” Kepuasan itu hanya ada di dalam Yesus. Jadi jangan cari kepuasan dari dunia ini. Amsal 8:17.  “Aku mengasihi orang yang mengasihi Aku, dan orang yang tekun mencari aku akan mendapatkan daku.”

3.   Matius 2:9. Hidup dan dipimpin oleh Roh Allah. Ijinkan kuasa Roh Kudus memimpin hidup kita. Dan Ia akan membawa kita kepada kebenaran. Roma 8:5. “Sebab mereka yang hidup menurut daging, memikirkan hal-hal yang dari daging; mereka yang hidup menurut Roh mereka memikirkan hal-hal yang dari Roh.” Penyembah yang benar tidak akan hidup dalam kedagingan. Tetapi justru hidup dipimpin oleh Roh Allah. Dan hidupnya dipenuhi dengan buah-buah Roh.

4.   Matius 2:10. Mereka bersukacita. Ketika mereka melihat bintang itu mereka bersukacita. Bintang itu tidak menampakkan cahayanya kepada Herodes dan orang-orang Yerusalem. Tuhan tahu siapa milik kepunyaanNya. Bintang itu menampakkan cahayanya kepada orang yang mau menyembah dalam Roh dan kebenaran.

5.   Matius 2:11. Orang yang murah hati atau suka berkorban. Penyembah sejati pasti tidak kikir, ia adalah seorang yang suka berkorban dan memberi. Namun kalau kita melihat hari-hari ini banyak anak-anak Tuhan lebih cinta kepada mammon. Belajarlah untuk memberi yang terbaik bagi Tuhan. sebab semuanya itu datangnya dari Dia.

6.   Matius 2:12. Tidak pernah kembali kejalan yang lama. Seorang penyembah yang benar ia tidak akan kembali lagi pada hidupnya yang lama. 2Petrus 2:20-22. Dalam ayat ini dikatakan bahwa seperti anjing yang kembali kepada muntahnya dan babi yang mandi kembali kekubangannya. Tinggalkanlah hdiup kita yang lama dan jadilah penyembah yang menyenangkan hati Tuhan.

Dari beberapa hal di atas kita bisa melihat diri kita. Kita ada di golongan yang mana.

Ingat! Bintang itu hanya menampakkan terangNya pada golongan orang Majus saja, tidak kepada golongan Herodes, orang Yerusalem dan bahkan imam-imam kepala dan ahli Taurat sekalipun.

Tuhan kenal siapa kepunyaanNya.

Belum terlambat untuk masuk ke dalam golongan orang Majus (Penyembah Sejati), bila kita masih termasuk golongan yang lain.


Mari kita gunakan kesempatan yang Tuhan masih berikan pada kita.

TUHAN YESUS MEMBERKATI!!!!

You Might Also Like

0 komentar

Postingan Populer

Like us on Facebook

Flickr Images