Terang Dunia

Minggu, Januari 04, 2015

Oleh : Pdt. Wahju Kurniawan

Yohanes 8:12
 
“Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kataNya: “Akulah terang dunia; barang siapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan melainkan ia akan mempunyai terang hidup.”

Dalam ayat di atas Yesus mengatakan atau menegaskan kepada orang banyak bahwa Dialah terang dunia itu. Dan ketika seseorang mengikut Yesus ia akan mempunyai terang hidup. Jadi ketika kita menerima Yesus atau terang itu maka dari situlah kita menjadi terang dunia. Orang percaya atau anak-anak Tuhan yang masih dalam kegelapan berarti belum mengikut Yesus. Tetapi orang yang mengikut Yesus di sini Yesus berkata bahwa ia tidak akan berjalan dalam kegelapan. Dan orang itu mempunyai terang hidup. Yesus adalah sumber dari terang itu.

Yohanes 1:4. “Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia.” Firman Tuhan yang kita terima member hidup dan hidup bukan hanya untuk roh kita saja tetapi apa yang kita kerjakan menjadi hidup. Jadi betapa pentingnya kita sebagai anak-anak Tuhan memiliki terang itu dalam hidup kita. Dan terang itu hanya ada di dalam Yesus. Sebab Dialah sumber terang itu. Kita hidup dalam dunia ini perlu terang dari Yesus untuk menerangi hidup kita. Dunia ini semakain hari semakin gelap. Apabila kita tidak memiliki terang Kristus maka hidup kita otomatis akan gelap. Karena hanya Yesus sajalah yang memberi terang kepada kita. Jangan terlena dengan dunia ini. Yohanes 12:46. “Aku telah datang ke dalam dunia sebagai terang, supaya setiap orang yang percaya kepadaKu jangan tinggal di dalam kegelapan.” Yesus adalah Allah yang kudus dan sempurna. Dia telah datang ke dalam dunia ini agar kita anak-anak Tuhan tidak lagi ada dalam kegelapan. Yesus mau mnenerangi hidup kita agar supaya kita menjadi terang bagi mereka yang masih ada dalam kegelapan. Namun kalau kita baca dalam Yohnaes 3:19-21. “Dan inilah hukum itu: Terang telah datang ke dalam dunia, tetapi manusia lebih menyukai kegelapan daripada terang, sebab perbuatan-perbuatan mereka jahat……” ayat ini jelas katakan bahwa terang itu sudah datang tetapi masih ada manusia yang menolak terang itu. Mengapa mereka menolak terang itu? Karena perbuatan-perbuatan mereka jahat. Ijinkan Firman Tuhan untuk mengoreksi hidup kita bahkan membersihkan hidup kita segala perbuatan-perbuatan yang jahat. Selama kita menolak Firman itu maka kita akan tetap ada dalam kegelapan. Orang yang ada dalam kegelapan ia tidak memiliki terang hidup.

1Tesalonika 5:4-5. “…….karena kamu semua adalah anak-anak terang dan anak-anak siang, kita bukanlah orang-orang malam atau orang-orang kegelapan.” Kita adalah anak-anak terang. Bukanlah orang-orang kegelapan.”


Ciri-ciri anak terang:

1.   Terang itu berbuahkan kebaikan, keadilan dan kebenaran. 1Tesalonika 5:8-10. Sudahkah kita memiliki ketiga hal ini dalam kehidupan kita. Kalau kita belum memiliki ketiga hal di atas berarti kita masih ada dalam kegelapan. Kita perlu koreksi diri kita masing-masing.

2.   Hidup dalam terang. 1Yohanes 1:5-7. Yesus adalah terang dan dan di dalam Dia tidak ada kegelapan. Anak-anak terang akan hidup dalam terang itu.

3.   Hidup di dalam kasih. 1Yohanes 2:7-10. Hari-hari ini kasih mulai hilang dari hidup setiap umat manusia. Bahkan anak-anak Tuhanpun sudah mulai kehilangan kasih. Mereka lebih mengasihi diri sendiri daripada mengasihi sesama.

4.   Hidupnya jadi berkat. Pengkhotbah 11:7.  “Terang itu menyenangkan dan melihat matahari itu baik bagi mata.” Ketika kita memiliki terang itu maka kemanapun kita pergi hidup kita akan menjadi berkat bagi orang lain. Matius 5:16. “Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di surga.” Terang itu sangat berpengaruh bagi orang lain. Ketika hidup kita menjadi terang maka dengan jelas Firman Tuhan berkata bahwa orang yang belum mengenal Yesus mereka akan memuliakan Bapa kita yaitu Yesus. Karena mereka melihat terang itu dalam diri kita sebagai terang dunia.

Terang itu sudah datang ke dalam dunia ini. Dan ijinkan terang itu untuk menerangi hidup kita. Agar supaya kita menjadi terang dunia. Karena dunia ini semakin gelap. Tetapi ketika terang Kriatus itu ada dalam hidup kita maka kegelapan itu akan sirna.


TUHAN YESUS MEMBERKATI!!!

You Might Also Like

0 komentar

Postingan Populer

Like us on Facebook

Flickr Images