YANG HARUS DITINGGALKAN

Selasa, Juli 12, 2016

Mazmur 130 : 5-6

Oleh : Pdt. Wahyu Kurniawan
"Aku menanti-nantikan Tuhan, jiwaku menanti-nanti, dan aku mengharapkan FirmanNya, jiwaku mengharapkan Tuhan lebih daripada pengawal pagi."
Dari ayat di atas kita ketahui bahwa betapa dalamnya pemazmur ini mengharapkan Tuhan dalam hidupnya. Pemazmur ini mengharapkan Tuhan lebih dari para penjaga yang menantikan fajar pagi hari.

Hosea 6 : 1-3

"… marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal Tuhan; Ia pasti muncul seperti fajar…" Tuhan pasti muncul seperti fajar. Tinggalkan hal-hal yang tidak berkenan kepada Tuhan dan bertobatlah dengan sungguh.

Filipi 3 : 13-14

Rasul Paulus berkata bahwa dia melupakan apa yang ada dibelakangnya. Setiap manusia mempunyai masa lalu. Dan kita tidak selamanya tinggal pada masa lalu. Ingat bahwa Istri Lot menoleh ke belakang dan akibatnya adalah kematian.

Ada 2 hal yang harus kita tinggakan dan menyongsong fajar yang akan merekah

  1. Kebanggaan Masa Lalu

Jangan bangga dengan masa lalu kita. Karena itu akan membuat kita menjadi sombong. Kita melihat pribadi dari pada Rasul Paulus. Filipi 3 : 4-12. Rasul Paulus memiliki catatan yang luar biasa tentang dirinya. Seorang hebat dalam melakukan Hukum Taurat , dan ia tidak bercacat dalam melakukannya. Namun kita melihat ayat-ayat di bawah dikatakan bahwa apa yang menjadi kebanggannya pada waktu itu semuanya dianggap sampah. Bahkan tidak berarti apa-apa dibandingkan dengan pengenalannya kepada Yesus Kristus.

"Lepaskan semua kebanggaan kita karena itu bisa menjadi penghalang sehingga kita tidak melihat Tuhan muncul seperti fajar dan kita tidak dapat merasakan lawatan Tuhan."

Jadi, jangan bangga dengan masa lalu kita sekalipun mungkin masa lalu kita itu baik. Ibrani 12 : 1-3. Tanggalkan semua beban dan dosa. Karena beban dan dosa ini bisa menjadi penghalang bagi kita sehingga kita tidak bisa fokus ke depan. Banyak anak-anak Tuhan yang jatuh karena menoleh ke belakang. Seperti yang dilakukan oleh istri Lot, kita tidak bisa kembali kepada masa lalu.
  1. Hal-hal yang Negatif

Yang dimaksud dengan hal-hal negatif adalah :
  • Kegagalan
  • Kepahitan
  • Kekecewaan
  • Dll
Tinggalkan semuanya itu.

Yesaya 43 : 18-19

"FirmanNya : Janganlah ingat hal-hal yang dulu … " Maksud dari ayat ini adalah mereka yang mengingat hal-hal yang memilukan pada masa purbakala.
Ayat 19. Tuhan berkata bahwa Tuhan mau melakukan sesuatu yang baru. Dan sebetulnya hal itu sudah ada tapi kita tidak bisa melihatnya karena lebih fokus pada kegagalan-kegagalan di masa yang lampau. Mulailah menatap ke depan karena Tuhan hendak membuat jalan bagi kita. Terus arahkan pandanganmu kepada Tuhan.

Mazmur 107 : 35-38

Tuhan mau melakukan mujizat bagi kita. Jangan izinkan kegagalan di masa lalu menghalangi kita untuk melihat Tuhan yang muncul seperti fajar.

Markus 16 : 5-7

Petrus bukanlah pribadi yang hebat. Dia pernah menyangkal Yesus bahkan sampai mengutuk. Namun Petrus menyesal dan bertobat. Sehingga ketika Yesus bangkit, dalam ayat ini, Yesus berpesan khusus kepada Petrus. Mengapa? Karena Yesus kenal hati dari pada Petrus. Yesus pun tahu hati kita. Ketika ada penyesalan yang sungguh-sungguh dan kita mau bertobat maka Yesus akan datang melawat dan memulihkan kita.

Siapkanlah diri karena Tuhan akan muncul seperti fajar. Tuhan tidak pernah terlambat untuk menolongmu. AMEN

TUHAN YESUS MEMBERKATI!!!

You Might Also Like

1 komentar

Postingan Populer

Like us on Facebook

Flickr Images