Musuh Dalam Selimut

Minggu, Oktober 26, 2014


Oleh : Pdt Wahju. Kurniawan
Matius 26:41
 
“Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan, roh memang penurut tetapi daging lemah.”

Musuh yang paling berbahaya adalah musuh yang tidak kita kenali sebagai musuh. Tetapi justru kita kenal sebagai kawan. Dan banyak tokoh-tokoh dan orang-orang hebat dalam Alkitab ditaklukan olehnya. Kita melihat yang pertama:
1.   Adam dan Hawa. Mereka ditaklukan olehnya.
2.   Nuh orang yang saleh dijatuhkan
3.   Simson yang kuatpun tak mampu melawannya justru dia ditaklukkan.
4.   Daud yang hatinya cocok dengan hatinya Tuhanpun tidak berdaya olehnya.
5.   Salomo yang sangat berhikmatpun dibuatnya terkapar.

Masih banyak lagi tokoh-tokoh yang prestasinya cemerlang telah diruntuhkan dan dibuatnya tak berdaya. Siapakah dia? Dia adalah daging atau kedagingan kita.

Dalam ayat di atas jelas sudah dikatakan Yesus berkata kepada murid-muridNya. “Berjaga-jagalah dan berdoalah supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan. Roh memang penurut tetapi daging lemah.”

Roh itu penurut karena Roh itu berasal dari Allah. Musuh ini sangat berbahaya kalau kita tidak waspada, karena ini melekat pada setiap kita. Jika kita tidak waspada maka Galatia 3:3. Berkata: “Adakah kamu sebodoh itu? Kamu telah memulai dengan Roh maukah kamu sekarang mengakhirinya di dalam daging?. Berhati-hatilah jangan sampai kita kecolongan. Karena akan sangat berbahaya. Oleh karena itu Rasul Paulus menegur Jemaat di Galatia. Jangan mau dikuasai oleh kedagingan kita. Tetapi biarlah hidup kita dikuasai oleh Roh Kudus. Ketika Roh Kudus itu ada dalam hidup kita maka segala keinginan atau kedagingan kita semakin berkurang. Tetapi kalau kita tidak waspada maka yang menonjol adalah kedagingan kita. Galatia 5:19-21. Ayat ini menulis tentang perbuatan-perbuatan daging. Dan sekarang kita yang harus mengoreksi diri kita masing-masing. Apakah hidup kita dipimpin oleh Roh atau dipimpin oleh daging atau keinginan kita. Dalam Galatia 5:21. Ayat ini merupakan peringatan untuk kita.!!! Apabila kita hidup di dalamnya maka kita tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan sorga (binasa). Roma 8:5-8. “…..karena keinginan daging adalah maut tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera…..” daging tidak pernah membawa kepada kehidupan yang kekal. Oleh karena itu apabila kita sebagai orang percaya masih hidup dalam daging, maka kita tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Surga. Sekarang pilihan ada pada diri kita masing-masing. Kalau kita mau hidup sesuai dengan Firman Tuhan maka kita akan mendapatkan kehidupan yang kekal.

Obatnya atau penangkalnya:


1.   Matius 26:41. Waspada. (Yunani) Gregoreuo. Artinya: Sadar, bangun, memberi perhatian serius. Yosua 1:7-8. Tuhan menasehati Yosua sebagai pengganti Musa. Untuk selalu merenungkan Firman Tuhan. 1Petrus 4:7. “…Kuasailah dirimu  dan jadilah tenang supaya kamu dapat berdoa.” 1Petrus 5:8. Waspada karena Iblis seperti singa yang mengaum-ngaum. Kalau kita lengah maka maka kita akn ditelannya. Jadi kita harus menjaga atau berwaspada dengan Firman Tuhan.

2.   Berdoa. (Yunani) Preseuchomai. Artinya: Bukan sekedar berdoa tetapi mempunyai hubungan intim dengan Tuhan. berdoa bukanlah hal yang gampang. Tetapi kalau ada kemauan dari  diri kita sendiri maka kita akan mampu sehingga kita semakin erat dengan Tuhan. “Dengan siapa kita bergaul kita akan jadi seperti oknum itu.” Jadi kalau  kita bergaul erat dengan Tuhan melalui doa maka hidup kita akan seperti Kristus.

3.   Roma 8:13-14. Hidup dipimpin oleh Roh Allah. Hanya Roh Kudus yang bisa membawa kita mematikan segala kedagingan atau keinginan kita.

Galatia 5:16-18. “Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging. Sebab keinginan daging  berlawanan dengan keinginanan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging karena keduanya bertentangan sehingga kamu setiap kali melakukan tidak melakukan apa yang kamu kehendaki. Akan tetapi jikalau kamu memberi dirimu dipimpin oleh Roh maka kamu tidak hidup dibawah hukum Taurat.”


TUHAN YESUS MEMBERKATI!!!!

You Might Also Like

0 komentar

Postingan Populer

Like us on Facebook

Flickr Images