Aku Mengujimu

Minggu, November 02, 2014


Oleh : Pdm. Katrin A. Kurniawan
Yesaya 48:10
 
“Sesungguhnya Aku telah memurnikan engkau, namun bukan seperti perak, tetapi Aku telah menguji engkau dalam dapur kesengsaraan.”

Ayat di atas diucapkan oleh Allah sendiri. Disini dikatakan dengan jelas bahwa kita dimurnikan tetapi bukan seperti perak. Melainkan dimurnikan dalam dapur kesengsaraan. Kata “Kesengsaraan” dalam Bahasa Ibrani ONY. Yang artinya: Penderitaan,kemalangan,kemelaratan. Kita diuji bukan hanya dalam kemelaratan, tetapi kita juga diuji dalam panasnya api penderitaan. Allah melakukan ini karena ada sesuatu yang kita lakukan. Yaitu dalam Ayat 11. Disini dikatakan bahwa Tuhan melakukan itu karena namaNya dinajiskan. Tuhan melakuakn itu karena kita yang sudah menajiskan nama Tuhan. Secara tidak sadar seringkali sikap kita mencoreng nama Tuhan. Yesaya 48:1. “Dengarlah Firman ini, hai kaum keturunan Yakub, yang menyebutkan dirinya dengan nama Israel, dan yang adalah keturunan Yehuda yang bersumpah demi nama Tuhan dan mengakui Allah Israel tetapi bukan dengan sungguh-sungguh dan dengan Tulus hati.” seringkali kita menyebut nama Tuhan tetapi tidak dengan sungguh-sungguh. Orang yang menyebut nama Tuhan dengan sungguh-sungguh tentu dia tidak akan melakukan dosa. Oleh karena itu dalam Surat 2Timotius 2:19 dikatakan bahwa; “Dasar yang diletakkan Allah itu teguh dan meterainya ialah:”Tuhan mngenal siapa kepunyaanNya” dan setiap orang yang menyebut nama Tuhan hendaklah meninggalkan kejahatan.” Jadi orang yang menyebut nama Tuhan hendaklah meninggalkan kejahatan. Kealau kita masih melakukan hal-hal yang bertentangan dengan Firman Tuhan maka kita aka nada dalam dapur penderitaan.

Ayat 2-3. Setiap apa yang difirman cepat atau lambat Tuhan pasti akan dilaksanakan. Oleh karena itu jangan malas untuk melakukan Firman Tuhan. tetapi lakukanlah Firman Tuhan dengan setia dan taat. Jangan abikan atau meremehkan Firman Tuhan. Amsal 13:13. Orang yang meremehkan Firman Tuhan akan menerima akibatnya. Belajar untuk mengoreksi diri kita masing-masing. ayat 4. Jangan tegar tengkuk. Sehingga sekonyong-konyong Tuhan menghukum kita. Allah selalu rindu untuk memberkati kita. Namun serigkali kita yang mebuat Tuhan tidak memberkati kita. Oleh karena itu perbaikilah hubungan kita dengan Tuhan.

Yesaya 54:1-3. “Bersorak-sorailah hai si mandul yang tidak pernah melahirkan. Bergembirahlah dengan sorak-sorai dan memekiklah, hai engkau yang tidak pernah menderita sakit bersalin. Sebab yang ditinggalkan suaminya akan mempunyai lebih banyak anak daripada yang bersuami, Firman Tuhan……” ini adalah janji Tuhan bagi orang yang dengan setia melakukan Firman Tuhan. tuhan melakukan apa yang tidak mungkin menjadi mungkin. Aslakan kita memiliki roh ketaatan kepada Firman Tuhan. Ulangan 28: 13. Janji Tuhan adalah Tuhan akan menjadikan kita kepala dan bukan ekor. Kita akan tetap naik dan bukan turun. Oleh karena itu jangan keraskan hatimu ketika Firman Tuhan dating dan berbicara kepadamu. Kalau Tuhan masih berbicara menegur kita itu tnda bahwa Tuhan masih menyayangi kita.
Yesaya 48:8. Jangan sampai kita difolongkan seorang pemberontak. Orang yang suka meberontak ia tidak akan mendengar dan melakukan Firman Tuhan. Yesaya 48:9. Tuhan menahan amarahnya karena Tuhan masih saying kepada kita. Wahyu 3:19. “Barang siapa Kukasihi, ia Kutegor dan Kuhajar sebab itu relakanlah hatimu dan bertobatlah.” Kalau kita ditegur Tuhan bukan berarti Tuhan benci kepada kita. Tetapi Tuhan saying. Dia mau agar hidup kita itu sesuai dengan Firman Tuhan. Ibrani 12:10-11.

Ketika penderitaan itu dating sadarilah bahwa Tuhan mau kita hidup seperti Dia. Tuhan mau agar hidup kita itu kudus dan berkenan kepadaNya. Oleh karena itu bertobatlah apabila kita diperingatkan olehNya. Tinggalkan hal-hal yang tidak berkenan kepadaNya. Ketika kita mau tinggalkan semua hal yang kotor maka kita tidak akan masuk dalam dapur penderitaan. Ingat bahwa mengapa Tuhan membawa kita masuk dalam dapur penderitaan? Karena kita yang seringkali mencoreng nama Tuhan lewat sikap hidup kita. Cerminkalah kemuliaan Tuhan dalam setiap hidup kita. Sehingga hidup kita ini menjadi berkat bagi orang lain dan nama Tuhan dipermuliakan.


TUHAN YESUS MEMBERKATI!!!!

You Might Also Like

0 komentar

Postingan Populer

Like us on Facebook

Flickr Images