Bekerja Memberi Buah

Minggu, Oktober 19, 2014


Oleh : Pdt Putu Yusak Setiawan - Denpasar
Matius 20:4-7
 
“……. Kira-kira pukul lima petang ia keluar lagi dan mendapati orang-orang lain pula lalu katanya kepada mereka: mengapa kamu mengganggur saja disini sepanjang hari? Kata mereka kepadanya:karena tidak ada orang mengupah kami. Katanya kepada mereka pergi jugalah kamu ke kebun anggurku.”

Seorang tuan rumah yang pagi-pagi benar keluar mencari pekerja-pekerja bagi kebun anggurnya. Namun kita melihat ayat demi ayat yang sudah kita baca dikatakan bahwa ada banyak orang yang mengganggur. Mereka tidak bekerja. Lalu pemilik kebun anggur ini menyuruh mereka untuk bekerja di kebun anggurnya. Alasan mereka tidak bekerja karena tidak ada yang mau mengupah mereka.

Penganggurang yang dimaksud dalam ayat ini bukan pengangguran karena tidak punya kerjaan. Tetapi yang dimaksud adalah anak-anak Tuhan yang tidak memiliki buah atau tidak berbuah-buah dalam pengiringannya kepada Yesus. Kita ketahui bahwa dalam Injil Yohanes 15:16. “Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam NamaKu diberikanNya kepadamu.” Jadi dari sini kita ketahui bahwa Tuhan yang memilih kita. Dan tujuan Tuhan memilih kita adalah untuk pergi dan menghasilkan buah. Dan buah kita itu tetap. Tuhan selamatkan kita itu ada tujuannya. Oleh karena itu jangan kita merasa bahwa kita sudah diselamatkan lalu kita berdiam diri. Tuhan mau kita menghasilkan buah. Karena kalau kita tidak menghasilkan buah maka seperti yang dikatakan dalam Firman Tuhan bahwa ranting yang tidak berbuah akan ditebang dan dibakar dalam api. Tetapi ranting yang berbuah akan terus dibersihkan oleh tuannya. Sekarang pilihan ada pada diri masing-masing. Tuhan sudah memberikan keselamatan itu kepada kita. Tuhan tidak menghendaki anak-anak Tuhan mati dengan tangan kosong artinya kita harus berbuah.

“masuklah ke dalam kebun anggurku” pemilik kebun anggur ini menyuruh mereka bekerja di kebun anggurnya dan mereka akan diupah. Tuhan juga mau merekrut kita untuk bekerja bagi Dia.

Roma 12:1-2. “Karena itu saudara-saudara demi kemurahan Allah aku menasehatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah itu adalah ibadahmu yang sejati….” Orang yang mau melayani Tuhan harus dengan sepenuh hati. Bahkan seluruh hidupnya hanya untuk Tuhan. Kita melihat ketika Kain dan Habel mempersembahkan korban kepada Tuhan dan korban Habel yang diterima. Tuhan tidak mau yang setengah-setengah. Tapi Tuhan mau seutuhnya.

Mazmur 90:12. “Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian hingga kami beroleh hati yang bijaksana.” Pemazmur meminta kepada Tuhan untuk diberi hati yang bijaksana bukan untuk bersenang-senang, tetapi untuk menghitung hari-hari hidupnya. Seringkali kita mengabaikan kehidupan roh jiwa kita. Kita lebih memuaskan tubuh kita daripada roh dan jiwa kita. Padahal tubuh ini ketika kita dipanggil oleh Tuhan maka dia akan kembali menjadi tanah karena dari situlah kita diambil. Namun roh kita akan kembali kepada Allah. Kenali dan pahamilah siapa diri kita. Kalau kita sudah menyadari maka kita akan sepenuhnya hidup kita berikan untuk Tuhan. Bahkan hidup kita akan berbuah-buah. Harta dunia ini hanyalah titipan dari Tuhan dan kita tidak akan membawa masuk ke surga. Oleh karena itu hari-hari ini kejarlah harta surgawi itu. Kumpulkan sebanyak mungkin. Jangan memerhamba diri dengan materi. Ketika kita taat dan melakukan Firman Tuhan maka Tuhan akan meberkati kita.

Buah ketika kita percaya adalah Pertobatan. Pertobatan ini akan terlihat pada diri orang yang mengaku percaya kepada Yesus. Kalau orang yang masih suka dengan hal-hal daging maka orang itu belum bertobat. Oleh karena itu hasilkanlah buah sesuai dengan pertobatan jadilah pribadi yang berkualitas bukan dihadapan manusia, tetapi dihadapan Tuhan.

Orang yang sudah bertobat dia akan menerima upah yaitu: Kolose 3:24-24. “Apapun juga yang kamu perbuat perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. Kamu tahu bahwa dari Tuhanlah kamu akan menerima bagian yang ditentukan bagimu sebagai upah. Kristus adalah tuan dan kamu hambaNya.”


Jadilah anak-anak Tuhan yang berbuah-buah dihadapan Tuhan. sebab orang yang tidak berbuah akan ditebang dan dibakar di dalam api neraka. 

TUHAN YESUS MEBERKATI!!!!!!

You Might Also Like

0 komentar

Postingan Populer

Like us on Facebook

Flickr Images