Dibalik Kemakmuran Bangsa Israel

Sabtu, Juli 30, 2016


Oleh : Pdt. Oral Oko
Amos 2 : 6

"Beginilah Firman Tuhan : "Karenan tiga perbuatan jahat Israel bahkan empat, Aku tidak akan menarik kembali keputusanKu : Oleh karena mereka menjual orang benar karena uang dan orang miskin karena sepasang kasut;"

Firman ini ditujukan kepada orang Israel. Di balik kemakmuan, ada hal-hal yang dilakukan oleh orang Israel dan perbuatan mereka menyakiti hati Tuhan. Firman Tuhan ini juga datang mengingatkan kita anak-anak Tuhan zaman sekarang. 

Apa yang ada dibalik kemakmuran bangsa Israel?

1. Dibalik Kemakmuran Orang Israel, mereka menjual orang benar karena uang. 
Sekalipun mereka hidup dalam kemakmuran tetapi mereka tidak puas. Sehingga dikatakan mereka menjual sesamanya hanya karena uang. Ini juga terjadi di zaman di mana kita hidup sekarang ini. Uang merubah segalanya. 
Dalam Surat 1 Timotius 6 : 10. Peringatan Rasul Paulus kepada Timotius, "Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka." Jangan sampai uang merubah kehidupan rohani kita. Kisah 5 : 1-11. Ini kisah tetang Ananias dan Safira. Mereka tidak sepenuhnya melakukan Firman Tuhan karena uang, sehingga pada akhirnya mereka mati. 
Jangan mengotori iman kita dengan perkara-perkara duniawi.

2. Dibalik Kemakmuran Orang Israel, merekak memperlakukan orang miskin secara tidak wajar. (Amos 2 : 7)
Manusia adalah makhluk sosial. Kita perlu orang lain. Tetapi ingatlah bahwa jangan engkau memperlakukan sesamamu dengan tidak sewajarnya. Inilah yang dilakukan oleh orang Israel. Dan perbuatan mereka ini menyakiti hati Tuhan. 
Mazmur 107 : 41. "Tetapi orang miskin dibentengiNya terhadap penindasan, dan dibuatnya kaum-kaum mereka seperti kawanan domba banyaknya."
Tuhan yang menjadi pembela orang-orang miskin. Dalam Mazmur 109 : 31, berkata bawah Allah berdiri disebelah kanan orang miskin untuk menyelamatkan mereka. 

3. Dibalik Kemakmuran Orang Israel, mereka hidup dalam kebobrokan moral. (Ayat 7b)
Kekudusan itu sangat penting sebab Allah yang kita sembah adalah Allah yang Kudus. Jangan biarkan dosa itu merusak kesucian hidupmu. Matius 5 : 28. "Tetapi Aku berkata kepadamu: setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya.". 1 Korintus 6 : 9-10. Peringatan Rasul Paulus bagi kita. Orang yang berbuat zinah tidak mendapat bagian dalam Kerajaan Allah. Jagalah kekudusan hidup kita. 

Allah memberkati kita untuk mempermuliakan nama Tuhan melalui hidup kita. Oleh karena itu pergunakanlah setiap berkat Tuhan untuk melayani Tuhan. 

Amsal 3 : 9. "Muliakanlah Tuhan dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu."

TUHAN YESUS MEMBERKATI!!!

You Might Also Like

0 komentar

Postingan Populer

Like us on Facebook

Flickr Images