Memelihara Keselamatan

Minggu, Januari 05, 2014


Oleh : Pdt. Wahju Kurniawan

Efesus 2 : 8
“Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.”

Rasul Paulus katakan dalam ayat ini bahwa kita diselamatkan bukan karena hasil usaha kita, tetapi itu adalah pemberian Allah. Kalau bukan anugerah dan kasih dari Allah, maka kita tidak mungkin menerima keselamatan itu. Oleh karena itu jangan sampai kita menjadi sombong.

Tiga Fase keselamatan.

1.   Kita sudah diselamatkan. Roma 10:9-10. Kapan kita diselamatkan? Dalam ayat ini katakan bahwa ketika mulut kita mengakui dan hati kita percaya kepada Tuhan di situ kita diselamatkan. Tidak ada dosa yang terlalu besar yang tidak dapat diampuni oleh Tuhan. Asalkan ada pengakuan dari mulut kita dan sesudah itu ada kemauan untuk meninggalkan dosa itu. Yesaya 1:18. “….sekalipun dosamu merah seperti kirmizi akan menjadi putih seperti salju. Kalau hati kita percaya berarti harus ada pengakuan dari mulut kita. karena dalam Surat 1Petrus 1:18-19 dikatakan bahwa kita ditebus dengan darah yang mahal. Semenjak manusia pertama jatuh kedalam dosa iblis langsung memasang tarif dan yang diminta adalah darah yang tidak berdosa. Dengan darah Yesus yang suci dan tak bercacat kita ditebus. Kita diselamatkan.

2.   Kita sedang diselamatkan.

3.   Kita akan diselamatkan. 2 Korintus 1:10. Roma 8:1. Ketika kita hidup dalam keselamatan yang sudah Tuhan berikan kepada kita maka tidak ada penghukuman. Roma 5:9. “Lebih-lebih, karena kita sekarang telah dibenarkan oleh darahNya, kita pasti akan diselamatkan dari murka Allah.”

Penekanannya adalah Point kedua. Yaitu Kita sedang diselamatkan.

Filipi 2:12. “Hai saudara-saudaraku yang kekasih, kamu senantiasa taat; karena itu tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar, bukan saja pada waktu aku masih hadir, tetapi terlebih pula sekarang waktu aku tidak hadir.”
Rasul Paulus sampaikan kepada jemaat yang ada di kota Filipi. Kerjakanlah keselamatanmu dengan takut dan gentar. Keselamatan yang sudah Tuhan berikan kepada kita harus tetap dijaga dengan sebaik mungkin. Memang kita sudah diselamatkan tetapi bukan berarti kita lalu melakukan lagi dosa. Karena ada pengajaran yang mengatakan bahwa sekali selamat tetap selamat. Ini pemahaman yang salah. Mereka menyangka bahwa yang berdosa adalah tubuh sedang roh tidak. Inipun pemahaman yang salah. Oleh karena itu jangan sampai kita keliru sehingga keselamatan yang sudah Tuhan berikan kita sia-siakan begitu saja. Kita diselamatkan bukan hasil kerja keras kita, tetapi itu adalah pemberian atau anugerah dari Tuhan. Allah mencintai kita sehingga Ia rela melakukan apa saja hanya untuk menyelamatkan kita. Oleh sebab itu tetaplah kerjakan keselamatan kita. Matius 24:13. “Tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat.” Selama kita masih hidup akan terus ada ujian terhadap iman kita. Namun ayat ini katakan bahwa siapa yang bertahan sampai akhir dia yang akan selamat. Bagaimana pengiringan kita kepada Tuhan. Sudahkah kita setia dalam pengiringan kita kepada Tuhan. Jangan sampai Tuhan mendapati kita tidak setia karena selama kita hidup kita lebih memilih untuk menuruti hawa nafsu kita.

Kenapa kita harus menjaga keselamatan itu? Karena keselamatan itu bisa hilang. Matius 24:13. Banyak anak-anak Tuhan sudah mulai berubah setia kepada Tuhan. Mereka tidak mengasihi Tuhan dengan sepenuh hati. Mereka lebih mengasihi dunia ini. Sedangkan tanpa mereka sadari dunia ini sedang lenyap dengan segala keinginannya. 1Yohanes 2:15-17. “Jangan kamu mengasihi dunia dan apa yang ada didalamnya…….” Dunia tidak memberikan kehidupan kekal kepada kita. tetapi kehidupan itu hanya ada di dalam Yesus. Orang yang mengasihi dunia maka kasih akan Bapa tidak ada di dalam orang itu. Oleh sebab itu ketika seorang pemimpin agama Yahudi yang bernama Nikodemus datang, Yesus berkata kepadanya kalau seseorang tidak dilahirkan dari air dan Roh maka ia tidak akan masuk dalam kerajaan Allah. Segala sesuatu yang tidak berkenan kepada Allah harus ditinggalkan. Hidup kita harus dibaharui oleh Firman Allah dan Roh Kudus. Agar hidup kita menyenangkan hati Tuhan. Memang tidaklah muda tetapi ketika kita memiliki kemauan untuk berubah maka Roh Kudus akan melawat kehidupan kita. seperti yang dikatakan dalam 2Korintus 5:17. “Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.” Ketika kita ada di dalam Yesus maka kita akan menjadi ciptaan baru. Bukan karena hasil usaha kita tetapi pekerjaan dari kuasa Roh Kudus.

Oleh sebab itu Rasul Paulus katakan dalam ayat pokok bahwa kita diselamatkan bukan karena hasil usaha kita tetapi karena pemberian Allah. Oleh karena itu jangan membuat sia-sia anugerah Tuhan yang sudah kita terima. Terus semangat mengerjakan keselamatan kita masing- masing sampai akhir hidup kita.

TUHAN YESUS MEMBERKATI!!!!

You Might Also Like

0 komentar

Postingan Populer

Like us on Facebook

Flickr Images