Siapa Yang Kita Dengar?

Minggu, November 08, 2015


Oleh : Pdt. Wahju. Kurniawan.

Yohanes 13:1-2.
 
“Sementara itu sebelum hari raya paskah mulai, Yesus telah tahu, bahwa saatNya sudah tiba untuk beralih dari dunia ini kepada Bpa. Sama seperti Ia senantiasa mengasihi murid-muridNya demikianlah sekarang Ia mengasihi mereka sampai kepada kesudahannya. Mereka sedang makan bersama, dan Iblis telah membisikkan rencana dalam hati Yudas Iskariot, anak Simon, untuk menghianati Dia.”

Yudas adalah salah satu murid dari pada Tuhan Yesus. Yudas menjadi murid Yesus bukan atas kemauannya sendiri. Tetapi Yudas menjadi murid Yesus karena Yesus yang memilih sendirinya. Tetapi ayat di atas mengatakan dengan jelas bahwa sementara mereka makan bersama Iblis telah membisikkan rencananya dalam hati Yudas. Mengapa hal itu bisa terjadi? Jawabannya adalah karena Yudas membuka telingannya kepada suara Iblis. Pada hal selama Yesus melayani di muka bumi ini Yudas melihat dan menyaksikan setiap mujizat yang dilakukan oleh Yesus. Yudas lebih memilih untuk mendengarkan suara Iblis daripada mendengarkan suara Yesus (Firman Tuhan).
Kata “membisikkan” dalam Bhs Yunani: BALLO yang artinya: Melemparkan, menyebarkan, menaburkan (Matius 13:24-30, 36-43). Siapa yang kita dengar mempengaruhi kehidupan kita.. iblis melemparkan rencananya kepada Yudas, dan Yudas menerimanya. Tuhan tidak pernah merancangkan kekacauan dalam hidup kita. tetapi iblislah yang merancangkan kekacauan itu dalam hidup kita. kalau kita tidak sungguh-sungguh mengikut Yesus, Firman Tuhan berkata bahwa kita akan keluar dan menjadi pengikut antikris. Oleh karena itu siapa yang kita dengar. Yudas selama tiga setengah tahun mengikut Yesus tetapi Firman Tuhan tidak membawa pengaruh bagi Yudas. Oleh karena bukalah hatimu untuk mendengarkan Firman Tuhan.
Daniel 11:34. “Sementara jatuh, mereka akan mendapat pertolongan sedikit, dan banyak orang akan menggabungkan diri kepada mereka secara berpura-pura.” Kita menemukan kata “Menggabungkan diri kepada mereka secara berpura-pura.” Jika Firman Tuhan yang kita dengar tidak membawa perubahan sama sekali dalam hidup kita maka berhati-hatilah, kita sedang menempati posisi dari pada Yudas. Matius 13:24-30. Ayat ini katakan bahwa benih yang ditabur oleh pemilik ladang ini adalah gandum. Namun dalam ayat-ayat selanjutnya dikatakan bahwa ketika gandum itu tumbuh dan mulai berbuah nampak juga ilalang. Mengapa bisa tumbuh ilalang? Ayat 25 dikatakan bahwa ketika semua orang tertidur, musuh menaburkan benih lalang diladangnya.
Ballo memiliki bentuk verb participle perfect active genitive masculine singular. Artinya: Telah terjadi dan akibatnya sampai sekarang. Rupanya sudah lama Yudas Iskariot selalu membuka telinga untuk iblis. Yohanes 6:70-72. Yesus berkata keras karena Yudas sering mendengarkan suara iblis. Yohanes 13:27.  (Yunani) eiserchomai: masuk, datang hadir. Mengapa Iblis bisa masuk ke dalam hati kita? karena kita sendirilah yang membukakan pintu.
Lukas 22:3. Iblis masuk ke dalam hati Yudas karena Yudas membuka pintu untuk iblis. HATI (Yunani) KARDIA artinya: yang menjadi pusat dan sumber kehidupan; (mind) oleh karena itu dalam Kitab Amsal 4:23 mengatakan bahwa: “Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan karena dari situlah terpancar kehidupan.” Matius 15:19-20. Apa yang ada di dalam Kardia akan keluar melalui perkataan dan perbuatan kita. iblis selalu menanamkan hal-hal yang jahat. 1Tesalonika 2:4. Kardia itu akan diuji oleh Tuhan. kepada siapa kita berikan kardia kita. Tuhan tidak melihat yang kelihatan (fisik). Tetapi yang Tuhan lihat adalah hati kita. sudahkah hati kita, kita berikan kepada Yesus?
Yohanes 10:16. Mereka akan mendengarkan suaraKu. Kalau kita dombanya Tuhan, maka kita akan mendengarkan suara gembala kita yaitu Yesus. Karena Yesus Kristus adalah Gembala yang Agung. Jika masih ada yang suka mendengarkan suara iblis, sekarang adalah waktunya untuk bertobat. Jika masih ada yang suka mendengarkan suara Iblis maka pada akhirnya kita akan dibinasakan. Yohanes 8:43. Tidak mengerti bahasaNya Yesus karena tidak dapat menangkap FirmanNya.

Jangan berikan telingamu kepada iblis. Karena iblis akan menanamkan hal-hal yang jahat kepadamu. Tetapi berikanlah telingamu kepada Firman Tuhan.

TUHAN YESUS MEMBERKATI!!

You Might Also Like

0 komentar

Postingan Populer

Like us on Facebook

Flickr Images