Penebusan

Minggu, Februari 09, 2014


Oleh : Pdt. Wahju Kurniawan
Roma 3:23.
 
“Karena semua orang telah berdosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah.”

Sebelum manusia jatuh di dalam dosa, manusia memiliki hubungan yang dekat dengan Tuhan. Tetapi ketika manusia melanggar perintah Tuhan di taman Eden dari situlah hubungan manusia dengan Allah terputus. Bahkan yang tadinnya manusia sangat dekat dengan Allah sekarang takut untuk bertemu denganNya. Ayat ini katakan bahwa manusia kehilangan kemuliaan Allah. Roma 3:10-11 “Seperti ada tertulis: “Tidak ada yang benar, seorangpun tidak…..” karena manusia tidak ada yang benar maka manusia perlu penebusan. Melakukan hal yang baik selama masa hidup itu tidak menjadi satu jaminan untuk kita selamat. Manusia selamat hanya melalui penebusan Yesus. Roma 6:23. “Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.” Dosa menyebabkan manusia kehilangan kemuliaan Allah. 1Petrus 1:18-19. Kita ditebus bukan dengan emas ataupun perak. Tetapi kita ditebus dengan darah yang mahal. Yaitu darah Yesus.

Kata “Ditebus” Bhs. Yunani: “Lutroo” mempunyai arti: Memperoleh, mendapatkan atau membeli hidup seorang tawanan atau budak dengan bayaran harga. Jadi ketika manusia jatuh di dalam dosa, manusia ada dibawah kuasa iblis. Namun ketika Yesus naik dikayu Salib melalui kematianNya kita manusia sudah diselamatkan. Segala hutang dosa sudah dibayar lunas oleh Yesus dikayu Salib. Mazmur 49:7-10. Terlalu mahal harga penebusan nyawa manusia. Kekayaan yang kita milkii tidak sanggup untuk membayar nyawa kita. Untuk membayar keselamatan atau harga nyawa kita selain melalui salib. Yehezkiel 7:19. “Perak mereka akan dicampakan keluar dan emas mereka akan dianggap cemar. Emas dan peraknya tidak akan dapat menyelamatkan mereka pada hari kemurkaan Tuhan. Mereka tidak akan kenyang karenanya dan perut mereka tidak akan terisi dengannya. Sebab hal itu mejadi batu sandungan, yang menjatuhkan mereka ke dalam kesalahan.” Perak emas tidak berarti untuk harga penebusan. Tidak ada yang bisa membayar kehidupan yang kekal. Hanya darah Yesuslah yang bisa menyelamatkan. Matius 26:28. “Sebab inilah darahKu Darah Perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa.” Dalam ayat ini kita temukan satu kata yaitu “Banyak orang” kenapa tidak semua orang?? Karna ternyata ada pribadi-pribadi yang menolak untuk ditebus. Mereka tidak mau diperdamaikan dengan Allah. Jangan sampai kita tidak tergolong banyak orang. Tidak selamanya Tuhan sabar. Jangan menolak darah Perjanjian kalau kita mau selamat. Ibrani 10:26-29. Yesus menjadi Imam besar kita. Roma 2:3-11. Tuhan akan membalas setiap orang menurut perbuatannya. Jadi selama kita hidup perhatikanlah hidup kita. Apakah kita sudah melakukan Firman Tuhan atau tidak. Kalau kita melakukan Firman Tuhan maka kehidupan kekal itu akan mejadi milik bagian kita. Efesus 1:7. “Sebab di dalam Dia dan oleh darahNya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karuniaNya.”

Darah Yesus membatalkan perjanjian-perjanjian:
1.   Kolose 2:13-15. Hutang dosa. Yesus sudah membayar semuanya ketika Ia dipakukan di        kayu salib.
2.   Perjanjian Iblis sebagai tuan atas manusia sudah berakhir. Orang yang menerima darah          perjanjian sudah diputuskan perjanjiannya dengan iblis.
3.   Galatia 3:13. Kutuk Hukum Taurat. Sekarang hidup kita bukan lagi dibawah Hukum Taurat.      Tetapi kita hidup dalam kasih karunia.

Ketika Darah Yesus Tercurah Tirai Bait Allah Terbelah.

Efesus 3:12. Kita dilayakkan untuk menghadap Allah dengan penuh kepercayaan oleh iman kita kepadaNya.

Ibrani 4:16. Kita mendapat jaminan pertolongan dari Tuhan.

Ibrani 10:19-22. Oleh darah Yesus telah dibuka jalan baru.

Jadi, jangan menolak penebusan yang sudah diberikan oleh Yesus. Terimalah penebusan itu. Karena perbuatan baik tidak akan menyelamatkan kita. Hanya melalui darah Yesuslah kita diselamatkan.


TUHAN YESUS MEMBERKATI.!!!!

You Might Also Like

0 komentar

Postingan Populer

Like us on Facebook

Flickr Images