Lahir Baru

Minggu, Februari 02, 2014


Oleh : Pdt. Wahju Kurniawan
Yohanes 3:1-9.
 
“Jawab Yesus: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirka dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah.”

Seorang Farisi datang kepada Yesus. Orang Farisi ini adalah Nikodemus. Dia ini bukan orang sembarangan. Kita akan melihat siapakah Nikodemus itu. 

Nikodemus adalah:

1.   Seorang pengajar agama Yahudi. Kalau seorang pengajar berarti dia adalah seorang guru.    Tentu dia sudah tahu tentang banyak hal.

2.   Anggota Sanhedrin.

3.   Dia adalah satu dari tiga orang yang terkaya di Yerusalem.

Dari ketiga poin di atas kita ketahui siapa Nikodemus ini. Dia bukanlah orang biasa. Selain kaya dia juga seorang pengajar. Namun kita melihat sekalipun dia adalah seorang pengajar agama Yahudi tetapi ketika Yesus berbicara tentang kelahiran baru Nikodemus tidak mengerti. Dari sini kita ketahui bahwa ternyata lamanya menjadi Kristen tidak menjadi jaminan seseorang sudah lahir baru. Lahir baru tidak bisa ditawar-tawar. Itu adalah harga mati. Sebagai pengikut Kristus kita harus mengalami yang namanya lahir baru. Karena disini Yesus katakana bahwa kalau kita tidak dilahirkan kembali maka kita tidak dapat melihat Kerajaan Allah. Melihat saja tidak apa lagi masuk ke dalam Kerajaan Allah. Oleh karena itu kita harus alami kelahiran baru.
Lahir kembali Bhs. Inggris: be born again. Bhs Yunani: Gennethe Anothen : Be begotten from above. Artinya: “Dilahirkan dari atas.” Maksud dari Air dan Roh.

1. AIR. Ini bukan berbicara tentang Baptisan air. Tetapi ini berbicara tentang Firman Tuhan. Yohanes 15:3. “Kamu memang sudah bersih karena Firman yang telah kukatakan kepadamu.” Kita dibersihkan oleh Firman Tuhan. Efesus 5:26. “Untuk menguduskannya, sesudah ia menyucikannya dengan memandikannya dengan air dan Firman.” Air dan Firman Bhs Inggris: “With the washing of water by the word. Artinya memandikan dengan air melalui Firman Tuhan. Yakobus 1:18. “Atas kehendakNya sendiri Ia telah mejadikan kita oleh Firman kebenaran, supaya kita pada tingkat yang tertentu menjadi anak sulung diantara semua ciptaanNya.” “Menjadikan” Bhs. Inggris: “Begat” artinya Melahirkan. Seseoranng tidak akan lahir baru kalau tidak mendengar Firman Tuhan. Jadi medengar Firman Tuhan itu sangat penting. Agar supaya kita diubahkan. Dan kita mengalami kelahiran baru. Jangan merasa bahwa kita sudah Kristen lalu kita akan selamat. Firman Tuhan katakan bahwa perlu adanya kelahiran baru. 1Petrus 1:23. “Karena kamu telah dilahirkan kembali bukan dari benih yang fana, tetapi dari benih yang tidak fana, oleh Firman Allah yang hidup dan yang kekal.”

2. “ROH” yang dimaksud disini adalah Roh Kudus. Ini juga berperan penting di dalam kehidupan kita sebagai anak-anak Tuhan. Roh Kudus yang membuat seseorang lahir baru. Titus 3:4-5. Roh Kudus juga membuat manusia mengakui bahwa Yesus adalah Tuhan. 1Korintus 12:3. “Karena itu aku mau meyakinkan kamu, bahwa tidak ada seorangpun yang berkata-kata oleh Roh Allah, dapat berkata: “Terkutuklah Yesus” dan tidak seorangpun yang dapat mengaku: “Yesus adalah Tuhan” selain oleh Roh Kudus.” 1Yohanes 4:1-3. Kita perlu hati-hati juga. Jangan mudah percaya akan setiap roh. Karena banyak nabi-nabi palsu yang akan muncul dan pergi keseluruh dunia. Roh yang ada di dalam kita lebih besar daripada roh yang ada di dalam dunia ini. Yehezkiel 36:26-27. Tuhan akan memberikan Roh yang baru kepada kita. 2Korintus 5:17. Ketika kita ada di dalam Kristus maka kita menjadi ciptaan yang baru. Tinggallah di dalam Yesus aga hidup kita selalu dibaharui dan kita menjadi ciptaan yang baru. Sebab ketika kita lahir baru maka iblis tidak akan bias mempermainkan kita. Karena ada kebenaran di dalam hidup kita. Kebenaran disini adalah Firman Tuhan. Dan kita tahu bahwa Firman itu adalah pribadi Yesus sendiri. Efesus 4:21. “Karena kamu telah mendengar tentang Dia dan menerima pengajaran di dalam Dia menurut kebenaran yang nyata di dalam Yesus.”


Jadi lahir baru itu harga mati. Kalau kita mau selamat dan masuk ke dalam Kerajaan Sorga maka ijinkan Firman Tuhan dan Roh Kudus untuk tinggal di dalam hidup kita. TUHAN YESUS MEMBERKATI!!!!

You Might Also Like

0 komentar

Postingan Populer

Like us on Facebook

Flickr Images